CIFOR–ICRAF publishes over 750 publications every year on agroforestry, forests and climate change, landscape restoration, rights, forest policy and much more – in multiple languages.

CIFOR–ICRAF addresses local challenges and opportunities while providing solutions to global problems for forests, landscapes, people and the planet.

We deliver actionable evidence and solutions to transform how land is used and how food is produced: conserving and restoring ecosystems, responding to the global climate, malnutrition, biodiversity and desertification crises. In short, improving people’s lives.

Panduan pelaksanaan riung mumpulung petani dalam program inovasi agroforestri

Export citation

Istilah Kebun Talun atau Dudukuhan diketahui sebagai salah satukekayaan sumberdaya alam yang dikelola dan dikonsumsi secarasubsisten oleh masyarakat di Kecamatan Nanggung, KabupatenBogor. Sementara itu di sebagian kecil masyarakat, Dudukuhanjuga menjadi hal yang cukup strategis dalam memenuhikebutuhan cash money keluarga. Namun sejauh ini pengelolaanyang dilakukan oleh masyarakat dirasakan belum maksimal,seperti dalam konteks manajemen kebun dan perbanyakantanaman. Selain itu pengetahuan dan informasi pemasaran hasilkebun pun menjadi bagian yang sangat dibutuhkan olehmasyarakat setempat.Kebutuhan-kebutuhan yang cukup mendesak tersebut membuattim kebun ‘tergerak’ untuk mengadakan semacam pelatihan yangdikemas ke dalam Riung Mungpulung (RM) Petani dengan materiyang disampaikan dengan metode yang cukup beragam. MelaluiRM sebagai salah satu metode pelatihan tersebut diharapkanmasyarakat petani mendapat banyak informasi mengenaikebutuhan-kebutuhan tersebut sekaligus praktek-prakteknyadalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.Pada dasarnya pelatihan ini dapat dilakukan oleh pihak manapun,seperti pemerintah, swasta, lembaga penelitian, LSM, dan lainlain.Oleh karena itu melalui Panduan Pelaksanaan RiungMungpulung Petani ini siapapun dan dimanapun bisamelaksanakannya dengan harapan informasi yang berkaitandengan pertanian bisa tersampaikan kepada pihak-pihak yangmembutuhkan khususnya para petani.Dudukuhan atau Kebun Talun harus dipertahankan dan dikeloladengan maksimal guna keberlangsungan hidup masyarakatpetani, perempuan dan laki-laki di Kecamatan Nanggungkhususnya dan di kecamatan-kecamatan lainnya umumnya.

Related publications